0
Home  ›  Informasi  ›  Journal  ›  Publikasi

Optimalisasi Akun Google Schoolar


TPublishing.org - Apakah kalian sudah mengetahui bagaimana cara daftar google scholar? Google scholar bagi kalangan akademik baik itu dosen, guru, siswa, ataupun mahasiswa dijamin sangat familiar di telinga. Fitur google ini sendiri menjadi sumber referensi yang banyak dituju bagi kalangan akademik.

Pasalnya, puluhan ribu jurnal open access dapat diakses di sini, dan rata-rata dapat download dalam bentuk format Ms. Word atau PDF. Kecuali sebagai media untuk mendapatkan referensi.

Google Scholar untuk dosen merupakan media yang mendukung karya ilmiah mereka yang dipublikasikan. Agar dapat lebih memudah dalam memaksimalkan Google Scholar, sebagai sumber referensi dan publikasi.

Maka pertama-tama kalian harus paham dulu bagaimana membuat akun di google scholar. Supaya dapat lebih mudah dalam melakukan publikasi atas karya ilmiah yang telah disusun. Adapun detail tahap-tahap tentang cara daftar google scholar disediakan di bawah ini.

Apa Itu Google Scholar?


Sebelum kalian masuk ke cara daftar google scholar baiknya kalian baca dulu ap aitu google scholar?
Google scholar adalah salah satu yang menjadikan fitur google yang menyediakan layanan referensi dan dapat memudahkan pengguna dalam menemukan jurnaal ilmiah dan publikasi dari berbagai rumpun ilmu.Tidak heran juga jika google scholar sangat terkenal dan popular, dan juga bisa bersanding dengan database jurnal ilmiah lainnya. koleksinya lumayan lengkap dan didominasi juga oleh jurnal berbahasa Indonesia, tergantung dengan pengaturan Bahasa pada google.

Sistem atau cara kerja fitur ini sama seperti Google sebagai mesin pencari. Pengguna Google scholar cukup memasukkan kata kunci atau keyword dari publikasi ilmiah yang ingin mereka akses.

Selanjutnya, sistem Google Scholar akan mencari publikasi ilmiah yang terkait dengan kata kunci tersebut atau keyword. Setelah beberapa detik, hasil pencarian akan ditampilkan di halaman beranda, yang dapat mencapai beberapa halaman. Salah satu halaman memiliki sekitar 10 hasil pencarian.

Tentunya bagi mahasiswa, satu-satunya cara untuk mencari referensi ilmiah adalah dengan menggunakan Google Scholar. Namun lain cerita bagi dosen dan guru yang didorong atau dianjurkan untuk mempelajari cara mendaftar ke Google scholar.

Dengan cara ini kalian bisa mendukung karya mereka yang diterbitkan dan supaya dikenal lebih banyak orang. Proses membuat akun atau mendaftar ke Google scholar caranya cukup sederhana dan memakan waktu sekitar 10 menit. Modalnya cuman alamat email dan tentunya kuota internet.

Cara Daftar Google Scholar 



Proses dalam pendaftaran di akun google scholar tdaklah sulit melainkan cukup mudah dan sederhana. Khusus untuk dosen dan guru, sebelumnya harus menyiapkan beberapa hal. Yang pertama adalah harus membaca syarat dan ketentuan mendaftar akun di fitur google ini.

Selanjutnya kalian perlu menyiapkan data diri dan juga menentukan bidang ilmu yang kalian pelajari atau yang ditekuni. Terakhir, adalah perlu menyiapkan internet yang stabil dengan memakai provider yang jaringannya dapat diandalkan.

Jika sudah, maka kalian dapat mengikuti tahap – tahap dalam cara daftar google scholar berikut ini:

1. Menyiapkan Email Pribadi



Tahap yang pertama dalam mendaftarkan akun di google scholar adalah menyiapkan email atau alamat email. Diharuskan bagi dosen dan guru untuk menggunakan alamat email pribadi dengan memakai domain khusus.

Kalian dapat memanfaatkan alamat email yang telah disediakan oleh kampus ataupun sekolah. Sehingga memiliki email resmi dengan akhiran .org, .ac.id, dan juga .com.

Kenapa hal ini sangat penting? Tujuannya agar bisa lebih mudah meyakini system di dalam google scholar bahwa pengguna adalah dari kalangan akademisi. Yaitu tenaga Pendidikan dari perguruan tinggi ataupun sekolah resmi dari sebuah negara.

2. Buka Situs Google Scholar



Tahap yang kedua dalam cara daftar google scholar adalah dengan membuka laman google scholar itu sendiri, yaitu di laman https://scholar.google.com/. Selanjutnya tunggu sampai browser membuka semua tampilan google scholar.

Google scholar dapat diakses di semua negara atau di seluruh dunia, jika membukanya di Indonesia maka akan menampilkan dengan nama yang berbeda “google cendekia”. Jadi, kalian tidak perlu bingung lagi jika tampilan laman utamanya bukan google scholar.

Selanjutnya klik tombol profil saya yang terletak pada pojok kiri atas untuk berlanjut ketahap selanjutnya.

3. Mengisi Identitas Diri



Jika kalian sudah mengkliknya, selanjutnya google scholar akan menampilkan 3 menu yang terletak di pojok kiri atas. Yaitu menu profil, artikel, dan setelan. Selanjutkan kalian diharuskan masuk ke menu profil terlebih dahulu untuk mengisi data diri.

Ada lima kolom data yang harus diisi. Mencakup tentang nama pengguna atau pendaftar, nama institusi (sekolah atau kampus), bidang ilmu, alamat email, dan alamat website. Khusus untuk alamat website tidak wajib sehingga dapat kalian skip.

4. Pengaturan Halaman Publikasi

Tahap selanjutnya dalam cara daftar Google scholar adalah memasangnya di halaman publish. Setelah pendaftaran profil kalian selesai, kalian dapat masuk ke menu kedua, yaitu menu Artikel, kemudian kalian dapat mencari tanda checklist untuk membuat akun publik. 

Silakan kalian centang menu Jadikan profil saya publik (Make My Profile Public). Tujuannya adalah agar semua karya yang dipublikasikan di Google scholar dan media lain dapat diakses oleh semua orang.

5. Melengkapi Profil Google Scholar



Dalam tahap terakhir ini proses pendaftaran akun adalah dengan melengkapi profil. Secara otomatis didalam system google scholar sesudah selesai menggunakan pengaturan laman publikasi akan diarahkan pengguna ke laman profil

Pada tahap ini, pengguna dapat mengunggah profil profesional karena foto akan dilihat oleh publik. Unggah juga foto sebagai latar belakang profil atau foto sampul kalian.

Akun Google Scholar Agar Maksimal dalam Pencarian

Nah, pada bagian ini kami akan memberikanmu informasi penting terkait memaksimalkan pencarian dalam akun Google Scholar. Berikut penjelasannya :
  • Jika Anda mencari konten jamur tiram, pastikan untuk memasukkan kata kunci tertentu. Jadi jangan hanya memasukkan “jamur tiram”, tapi “isi jamur tiram”. Semakin spesifik, saran yang lebih tepat.
  • Gunakan fitur Advanced Search yang disediakan untuk membantu Google Cendekia memfilter hasil pencarian secara lebih spesifik.
  • Jika Anda menemukan banyak referensi yang sesuai, maka bookmark artikel tersebut dengan mengklik gambar bintang untuk menandai artikel tersebut. Memudahkan Anda untuk menemukannya kembali tanpa harus mengingat kata kunci yang Anda masukkan kemarin.
  • Manfaatkan fitur Kutipan Cepat Google Cendekia, yang memudahkan penyalinan teks untuk mendapatkan lebih banyak kutipan secara langsung

Cara Menggunakan Akun Google Scholar

Setelah berhasil membuat akun Google Cendekia, pengguna akan melanjutkan ke langkah selanjutnya untuk mulai mengunggah publikasi ilmiah pada akun yang didaftarkan.

Penting untuk dicatat bahwa pengguna harus mempersiapkan artikel yang ingin mereka terbitkan. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini dengan cermat:

  1. Untuk dapat menambahkan artikel pertama, silahkan klik ikon ‘ADD‘.

Akan ada tiga pilihan penambahan artikel sebagai berikut :
  • “‘ADD Article Groups” terlebih dahulu untuk menambahkan artikel ke grup yang berisi nama pengguna
  • “ADD Articles” kedua menambahkan artikel pribadi lengkap yang terpisah
  • “ADD Article Manually” ketiga menambahkan artikel secara manual. Pengguna dapat mengisi judul kolom artikel, tanggal publikasi, jurnal, volume, terbitan dan isi artikel dari awal.
  1. Ketika pengguna memutuskan untuk memilih berbagai artikel, artikel tersebut akan otomatis muncul di profil masing-masing.
  2. Selain itu, pengguna juga dapat mengedit atau mengedit data artikel secara manual seperti judul, tanggal, penerbit, volume, edisi, dll.
  3. Selain itu, pengguna dapat menghapus daftar artikel agar tidak muncul lagi di profil pengguna
  4. Untuk melakukan pemeriksaan indeks pencarian, buka kembali beranda Google Cendekia dan masukkan nama lengkap pengguna di bidang pencarian. Pengguna kemudian dapat melihat bagaimana agensi menyajikan tampilan profil kepada publik.

Tips Menggunakan Akun Google Scholar

Gunakan akun Google Cendekia untuk mempublikasikan karya ilmiah setelah pengguna berhasil membuat atau mendaftar.

Oleh karena itu, perlu juga mengedukasi pengguna lain tentang beberapa tips penggunaan ini untuk mendapatkan referensi yang paling tepat di bidang ilmiah untuk memahami metode penelitian yang digunakan.

Biasanya kelompok ini adalah mahasiswa tingkat akhir yang mencari referensi atau kutipan untuk makalah mereka.

Berikut adalah beberapa tips untuk dipertimbangkan ketika mencari pertanyaan yang relevan untuk siswa atau akademisi di Google Cendekia:
  • Untuk mendapatkan hasil pencarian yang maksimal untuk artikel terkait, pengguna harus menggunakan kata kunci atau sespesifik mungkin.
Misalnya, pengguna yang merupakan ahli statistik tahun terakhir dan ingin menggunakan metode perhitungan “penguraian” dapat dengan mudah memasukkan kata dekomposisi ke dalam pencarian Google Cendekia untuk menemukan publikasi relevan yang paling sesuai.
  • Metode pertama masih belum ideal Pengguna dapat melakukan pencarian lanjutan melalui fungsi “Pencarian Lanjutan” di sidebar halaman beranda. Cara kerjanya, Google Cendekia akan memfilter pencarian tentang publikasi yang dicari pengguna seefisien mungkin.
  • Jika sudah menemukan artikel yang dipilih, jangan lupa untuk bookmark atau klik tanda bintang untuk menandai artikel tersebut dan memudahkan pengguna untuk menemukan kembali file terkait.
  • Google Scholar memiliki fungsi kutipan cepat, ketika pengguna memutuskan artikel mana yang akan dikutip, dia hanya perlu menyalin atau menyalin kutipan ke artikel pribadinya.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa hal yang dapat kami sampaikan terkait bagaimana cara daftar akun Google Scholar dengan mudah. Semoga itu semua bisa menjadi solusi untukmu. Terimakasih!

mendaftar google scholar, cara membuat akun google scholar untuk mahasiswa, daftar pustaka google scholar, cara membuat daftar pustaka dari google scholar, cara daftar jurnal di google scholar, cara membuat akun google scholar journal,




Posting Komentar
Additional JS